Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL PERPUSDA KALTIM

Hadir di 43 Lokasi, DPK Kaltim Gagas Inovasi “Buncu Baca”

Buncu Baca di Pesta Rakyat Kaltim, pada Januari lalu.

Kompak.id, Samarinda- Membaca dapat dilakukan dimana saja dan kapan pun. Hal tersebut menjadi tujuan utama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim. Inovasi demi inovasi diciptakan guna memperluas akses baca secara menyeluruh, salah satunya melalui Buncu Baca.

Buncu Baca merupakan program baru yang digagas oleh DPK Kaltim. Program yang merupakan penyediaan sudut baca bagi masyarakat khususnya penduduk kota dan kabupaten Kaltim. Masyarakat dapat mengakses buku dengan melakukan scan atau pindai melalui kode QR yang tersedia di Buncu Baca. Selanjutnya mereka dapat berselancar dalam genggaman memilih koleksi buku yang tersedia.

Kepala Bidang Layanan, Otomasi, dan Kerjasama, Hj.E.Mustika Wati, menuturkan terdapat 4000 judul buku yang tersedia di Buncu Baca.

“Ada 43 titik yang menjadi tempat Buncu Baca. Masing-masing akan ditempatkan di pusat layanan umum seperti kelurahan atau tempat publik lainnya,” jelas perempuan yang akrab disapa Ika tersebut.

Ia menambahkan Buncu Baca menjadikan opsi bagi masyarakat yang saat berkegiatan tengah senggang ataupun masyarakat yang ingin membaca buku di suatu tempat namun lupa membawanya dapat langsung mengakses Buncu Baca sebagai solusi.

BACA JUGA :  Disbupar Gelar Lomba Kuliner Khas Berau

“Jarak 200 meter dari titik Buncu Baca juga masih  bisa diakses oleh pembaca. Jadi Buncu Baca ini akan kami realisasikan sesegera mungkin,” terang Ika.

Inovasi DPK Kaltim dalam pelayanan mulai mengarah digitalisasi, hal tersebut disebut Ika harus dilakukan DPK Kaltim karena mengikuti kebutuhan publik dalam perkembangan zamannya. (ADV/DPK Kaltim)

Related posts