Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DPRD SAMARINDA

Guntur Setuju Jika RTH di Samarinda Ditambah

Kompak.id, Samarinda – Hingga saat ini kondisi Kota Samarinda masih menyandang status darurat Ruang Terbuka Hijau (RTH), dalam satu kesempatan Anggota DPRD Samarinda Angakasa Jaya pernah menuturkan jika RTH Kota Tepian ini tidak mencapai 1 persen dari luas wilayah.

Hal ini tantunya memunculkan inisiatif Pemerintah Kota (Pemkot) untuk kemudain menambah luasan RTH di ibukota Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut.

Rencana ini pun ditanggapi baik oleh anggota DPRD Samarinda, Guntur, menurutnya sikap pemerintah tersebut merupakan langkah yang tepat mengingat sekarang ini kondisi Samarinda sangat memerihatinkan dari aspek RTH.

“Kami akui bahwa RTH di Samarinda sangat kurang. Kalau pak wali kota bisa membangun RTH lebih bagus,” jelas Guntur, kepada awak media Kamis, (08/09/2022) siang.

Dikatakan Guntur, sejumlah alasan penting mengapa RTH tersebut harus ditambah, muali dari asrinya kota hingga keberadaan RTH menjadi penyumbang udara bersih bagi Kota Samarinda.

“Hadirnya sebuah RTH mampu membuat rindang dan menambah pasokan oksigen alami di Samarinda. Sebab cuaca di Samarinda terbilang cukup tercemar dengan polusi kendaraan,” imbuh Guntur.

BACA JUGA :  Pegawai di Lingkungan DPRD Samarinda Lakukan Test Urine Guna Antisipasi Penggunaan Narkoba

RTH juga bisa jadi wisata murah yang dinikmati masyarakat. Pembangunan RTH juga akan membuat Samarinda jadi lebih tertata dan tak kumuh. Tapi untuk kegiatan tersebut perlu anggaran yang tidak sedikit.

“Pilihannya, Dewan merekomendasikan agar Pemkot bisa menggandeng pihak swasta dalam pembangunannya, Pemkot bisa mendatangkan pihak ketiga untuk membangun RTH. Sebab anggaran pemkot tidak memungkinkan untuk membiayai semua program itu,” tambah Guntur. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts