Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL PERPUSDA KALTIM

DPK Bontang Gelar Lomba Perpustakaan Sekolah

Siswa serius membaca buku di Ruang Layanan Perpustakaan Anak DPK Kaltim.

Kompak.id, Bontang – Tahun ini, Dinas perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang kembali menggelar lomba perpustakaan sekolah untuk tingkat SD dan SMP sederajat.

Lomba ini digelar dalam rangka mendorong peningkatan semangat berliterasi di kalangan pelajar Kota Taman.

Alfrita Junain Sande, Kabid Perpustakaan DPK Bontang menyampaikan, alasan jenjang SMA sederajat tidak terlibat dalam lomba ini, lantaran menjadi ranah DPK Kaltim. Yang mana pemenangnya, bakal mewakili Provinsi Kaltim di tingkat nasional.

Adapun untuk pemenang jenjang SD dan SMP, bakal mewakili Bontang di tingkat Provinsi Kaltim.

“Pendaftaran sudah kami (DPK Bontang) sejak Februari lalu. Sampai saat ini sudah ada lima SMP dan empat SD yang mendaftar. Penilaiannya dilakukan di bulan Mei mendatang dengan mendatangi langsung ke sekolah yang mendaftar (on the spot),” ujarnya saat dikonfirmasi, Sabtu (18/3/2023).

Nantinya, proses penilaian bakal melibatkan juri dari tingkat Provinsi Kaltim. Komponen penilaian meliputi layanan perpustakaan, komponen peningkatan literasi, anggaran, sarana prasarana (sapras) penunjang, hingga inovasi.

BACA JUGA :  UPTD Museum Mulawarman Adakan Pameran Goes To Mall

Dirinya berharap, seluruh sekolah SD dan SMP di Bontang bisa berpartisipasi mengikuti lomba ini. Apalagi lomba tersebut didukung penuh oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang.

“Kami berharap minimal ada 10 sekolah yang mendaftar di masing-masing jenjang baik SD maupun SMP,” harap Alfrita.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Bontang, Bambang Cipto Mulyono mendukung penuh pelaksanaan lomba tersebut. Sebab dapat membangkitkan peserta didik untuk sadar dan gemar berliterasi.

Sehingga ke depan, mereka memiliki wawasan yang luas dan daya saing yang tinggi. Di sisi lain, juga mendorong pelajar agar lebih rajin berkunjung ke perpustakaan.

“Bentuk dukungannya pengelola perpustakannya kami panggil untuk menyamakan persepsi. Kami juga mengadakan bimtek (bimbingan teknis) bagi para pustakawan dan arsiparis sekolah. Semoga sekolah di Bontang bisa lolos ke tingkat provinsi. Syukur-syukur hingga ke tingkat nasional,” pungkasnya. (ADV/DPK KALTIM)

Facebook Comments Box

Related posts