Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

Disdikbud Kaltim Siapkan Penghargaan untuk Budayawan Kaltim

Bidang Kebudayaan Disdikbud Kaltim sosialisasikan pemberian penghargaan anugerah budayawan.

KOMPAK.ID, SAMARINDA – Untuk kali pertama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim menggelar sosialisasi pemberian penghargaan Anugerah Budayawan Kaltim 2022, Selasa (29/3/2022). Direncanakan pemberian penghargaan digelar pada Oktober 2022 mendatang. Sehingga pegiat kesenian dapat mendaftar melalui kabupaten/kota masing-masing.

“Nantinya akan kami seleksi siapa yang akan terpilih. Juga akan ada juri yang melihat atau visitasi peran serta dan kontribusinya di masyarakat,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disdikbud Kaltim, Yekti Utami.

Sejumlah kategori penghargaan anugerah budayawan Kaltim, kata dia, yakni pelestari cagar budaya, pelestari manuskrip, pelestari permainan rakyat, pelestarian adat istiadat, sastrawan daerah, kreator/pelopor seni tari daerah, kreator/pelopor seni musik daerah, kreator/pelopor seni rupa, kreator/pelopor teater daerah, dan pelestarian tradisi lisan.

Yekti melanjutkan, untuk itu kegiatan sosialisasi ini perlu dilakukan untuk menjelaskan teknis pelaksanaan kegiatan penghargaan anugerah budayawan Kaltim 2022.

Sesuai UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, kata dia, pemberian penghargaan anugerah ini baru pertama kali terlaksana di Kaltim. Selama ini di Kaltim belum pernah ada pemberian penghargaan secara khusus bagi budayawan di Kaltim. Sebab, selama ini  nominasinya masih disatukan dengan penghargaan pendidikan.

BACA JUGA :  Tokoh Peduli Olahraga, Reza Fachlevi Terima Penghargaan Siwo Award

“Pengusulannya melalui kabupaten/kota bidang kebudayaan. Otomatis kabupaten/kota harus paham dulu nih berkaitan penghargaan ini. Sehingga dapat memfasilitasi para pendaftar yang ingin ikut dalam ajang ini nantinya,” kata dia memungkasi. (Adv)

Related posts