Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISKOMINFO KUKAR

Perkuat Implementasi SPBE, Diskominfo Kukar Ikuti Pelatihan Manajemen Operasional dan Jaringan Data Center

Kompak.id, Tenggarong – Untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia pengelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pejabat dan staf Diskominfo Kukar mengikuti pelatihan Penyusunan SOP Manajemen Operasional Data Center dan Jaringan Data Center. Pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Yogya Executive School (YES) di Kawasan Condong Catur Sleman, Yogyakarta pada Senin, 22 hingga 24 Mei 2023.

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Ery Hariyono menjelaskan bahwa tujuan pelatihan tersebut adalah untuk pengembangan SDM aparatur dalam penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan pengelolaan pusat data (data center). “Pelatihan ini untuk mendukung penyelenggaraan SPBE di lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuan yang ingin kami capai dalam pelatihan ini, bahwa secara nasional pemerintah akan mengembangkan Pusat Data Center (PDN). Kami di daerah tidak ingin berdiam diri dan harus selalu siap agar tidak tertinggal dengan kemajuan zaman diera digital,” ujarnya.
“Sudah 2 tahun kami bersiap diri menyambut era data center, namun sampai saat ini kami belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait manajemen pengelolaan data center dan pengelolaan jaringan data center,” ungkapnya.
Dijelaskannya bahwa pelatihan tahap pertama tersebut diikuti 13 peserta, yang  terdiri 8 peserta untuk  kelas SOP menejemen pengelolaan data center dan 5 peserta untuk kelas SOP manejemen jaringan data center. “Kebijakan ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan petugas di kantor. Ini  merupakan langkah antisipasi jika ada kejadian khusus yang perlu penanganan segera, maka dapat siap melayani dengan maksimal,” tegasnya.
Direktur Yogya Executive School Wahyu Setiaji berharap kegiatan pelatihan dapat diikuti dengan seksama, bermanfaat, dan memberikan efek positif dalam pelaksanaan tugas. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)
Facebook Comments Box
BACA JUGA :  Diskominfo Kaltim Menggelar Literasi Digital untuk Pelajar di PPU

Related posts