Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISKOMINFO KUKAR

Dinas PU Kukar Perbaiki Kerusakan Jalan di Kecamatan Tabang

Kompak.id, Tenggarong – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Kukar memperbaikan jalan poros di Kawasan Bilatalang Kecamatan Tabang. Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kukar Restu Irawan S. menjelaskan, jalan sepanjang 3,4 KM di Kawasan Bilatalang Kecamatan Tabang belum mendapatkan perkerasan beton secara fungsional.

“Saat ini baru perkerasan pondasi soil cement. Kerusakan dibeberapa titik pada ruas jalan tersebut diakibatkan saluran drainase yang mengalami kelemahan dan peningkatan volume lalulintas harian dari kendaraan besar (truck sumbu ganda) sekitar 20 unit perminggunya,” jelasnya.

Dijelaskannya bahwa saat ini Dinas PU Kukar melakukan langkah strategis dalam penanganan kerusakan jalan pada ruas tersebut. Langkah yang dilakukan adalah pengeringan genangan air, tanah dalam kondisi jenuh (berlumpur) dikupas dan dibuang, pengeringan sejenak dan dilakukan pemadatan dasar (awal), pelapisan batu telford (batu besar 20/30), penimbunan agregat kecil (pasir) sebagai pengunci dan dipadatkan, lapis pondasi agregat-B 20 cm, dan pemadatan akhir.

Sebelumnya warga Kecamatan Tabang melaporkan bahwa ruas jalan tersebut mengalami kerusakan parah yang mengakibatkan beberapa kendaraan baik truk ataupun mobil terjebak dalam kubangan lumpur. Kemacetan pun terjadi di kawasan ruas jalan tersebut dan banyak kendaraan dari arah Kembang Janggut melakukan putar balik. Restu Irawan S. menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melaluli Dinas Pekerjaan Umum Bidang Binamarga saat ini gencar melaksanakan pembangunan dan peningkatan jalan semen. “Pada tahun anggaran 2023 akan dilakukan penanganan pada ruas jalan tersebut yakni dengan perkerasan beton sepanjang 950 meter,” ujarnya. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)

Facebook Comments Box
BACA JUGA :  O2SN Tingkat Kalimantan Timur Ditutup, Ini Para Juaranya

Related posts