Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA UMUM

Cetak Wartawan Kompeten, PWI Kaltim Gelar UKW Angkatan Ke XXIX

Kompak.id, Samarinda – Persatuan Wartawan Imndonesia (PWI) Kaltim bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-XXIX selama dua hari tanggal 13-14 Mei 2023. Sebanyak 18 orang wartawan berbagai daerah di Kaltim, mengikuti kegiatan tersebut.

Bertempat di ruang WIEK Kantor Diskominfo Kaltim Jalan Basuki Rahmat, Sabtu (13/5/2023) kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan informatika diwakili oleh Kabid IKP dan Kehumasan, Irene Yuriantini.

Mengawali acara Irene dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan angkatan ke XXIX. Ia mengatakan kelancaran kegiatan juga tidak terlepas berkat kolaborasi bersama PWI Kaltim.

“Jadi selain ada anggaran dari Dinas Kominfo sendiri namun juga ada mandiri dari PWI sendiri,”ucapnya.

Ia mengakui bahwa untuk saat sekarang ini sudah banyak media yang berdiri di Kaltim. Diskominfo Kaltim juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai macam media.

Dari sekian banyak media yang sudah melakukan kerja sama dengan Diskominfo Kaltim, Irene menegaskan tentu ada aturan- aturan yang harus di taati bersama.

BACA JUGA :  Gubernur Kaltim Sambut Kedatangan Wapres 

“Salah satunya kode etik jurnalistik dan undang undang pers,” jelas Irene sapaan akrabnya.

Irene dihadapan wartawan yang hadir juga menyampaikan beberapa pencapaian Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Diskominfo yang disetiap tahunnya mengalami peningkatan, diantaranya Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) pada tahun 2022 yang dimana Kaltim menempati urutan ke 1.

“Kemudian untuk Kaltim juga kategorinya keterbukaan informasinya termasuk Informatif. Termasuk pencapaian yang luar biasa,” Ujar Irene disambut tepuk riuh peserta UKW.

Dikatakannya lagi, hal ini menjadi suatu indikator bahwa Pemerintah Provinsi Kaltim para jurnalis dan masyarakat sudah bisa saling bersinergi.

Penghargaan yang sudah diraih adalah bentuk dari kerja keras semua komponen elemen masyarakat Kaltim.

“Untuk itulah kolaborasi dan sinergi dengan PWI maupun wartawan di Kaltim untuk kedepannya lebih baik lagi, ” tutup Irene.

Turut Hadir Ketua PWI Kalimantan Timur Endro S Efendi, Kalimantan Selatan Zainal Helmie, Kasi Monitoring Opini dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik Arminiwati, Sekretaris Wiwid Marhaendra Wijaya, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Abdurrahman Amin. (rey/pt/Diskominfo Kaltim)

Related posts