Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVETORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

Beasiswa Kaltim Tuntas untuk Investasi Masa Depan

Sofia Rahmi

Kompak.id, Samarinda – Duet pemimpin Kaltim, Gubernur H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi pun telah mengejawantahkan misinya dalam berbagai program pembangunan terutama bidang pendidikan di Kaltim. Hingga tahun keempat kepemimpinan keduanya pun, mereka tetap konsisten tidak menggunakan APBD untuk proyek-proyek mercusuar.

Komitmen itu masih tetap dipegang teguh. Dan benar saja berbagai proyek insfratruktur akan dibangun dengan APBN, menyusul penetapan Kaltim sebagai ibu kota negara, pengganti DKI Jakarta. Keperluan jalan, jembatan, pelabuhan, bandara sampai bendungan akan dibangun oleh negara dengan taksiran biaya hingga tidak kurang dari  Rp450 triliun.

Salah satu program pembangunan yang langsung dinikmati masyarakat adalah beasiswa. Program ini juga sejalan dengan misi pertama Kaltim Berdaulat.  Program ini sudah dilaksanakan sejak tahun pertama kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

Hingga tahun keempat ini tidak kurang Rp653, 2 miliar dikucurkan untuk program pembangunan sumber daya manusia di Kaltim itu. Rinciannya,  pada 2019 beasiswa Kaltim disalurkan sebanyak Rp 168,5 miliar. Tahun 2020 sebesar Rp165,2 miliar dan tahun  2021 sebanyak Rp 63,1 miliar. Jumlah itu merupakan akumulasi dari APBD murni dan APBD perubahan setiap tahunnya.

Tahun ini, untuk APBD murni saja Pemprov Kaltim sudah menyiapkan Rp156,4 miliar. Angka itu masih akan naik jika ada tambahan alokasi beasiswa pada APBD perubahan 2022. Rincian tersebut menegaskan komitmen Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi untuk pendidikan. Contoh nyatanya, sekalipun dalam dua tahun terakhir (2020 dan 2021) refocusing anggaran harus dilakukan untuk berbagai program pembangunan, namun anggaran beasiswa Kaltim hampir tidak mengalami pergeseran drastis.

“Pembangunan sumber daya manusia ini adalah investasi jangka panjang. Memang tidak akan kita nikmati secara langsung, tapi 10 20 tahun mendatang,” kata Gubernur dalam banyak kesempatan.

Kabar gembira tahun ini karena pendaftaran beasiswa Kaltim sudah dibuka mulai 22 Maret 2022. Pendaftaran baru akan ditutup pada 21 Mei 2022.

BACA JUGA :  SMAN 3 Samarinda Jalin Kerja Sama untuk Prestasi Olimpiade

“Manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Jangan disia-siakan. Kesempatan tidak datang dua kali. Karena itu, sekali ada kesempatan manfaatkan dengan baik,”  pesan Sekretaris  Dinas Pendidikan Kaltim Hj Sofia Rahmi  saat mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kaltim membuka secara resmi dimulainya pendaftaran Beasiswa Kalimantan Timur Tahun 2022 di Ruang Kersik Luway Dinas Pendidikan Kaltim, seperti dikutip kaltimprovgo.id, Selasa (22/3/2022).

Dia juga berpesan agar para penerima beasiswa menggunakan kesempatan ini dengan baik, belajar serius hingga sekolah dan kuliah. Mereka juga diharapkan memiliki semangat yang kuat untuk membangun Kaltim.

“Kami sangat berharap pelanjut estafet pembangunan Kaltim ini adalah para penerima beasiswa Kaltim,” harap Sofia Rahmi.

Ketua Badan Pengelola Beasiswa  Kalimantan Timur (BP-BKT) Iman Hidayat mengungkapkan tahun ini Pemprov Kaltim sudah mengalokasikan Rp 156,4 miliar dalam APBD murni 2022 untuk beasiswa Kaltim.

“Anggaran yang diperlukan seluruhnya sudah  dialokasikan dalam APBD murni 2022,” ungkap Iman Hidayat.

“Ini kebijakan Pak Gubernur agar di APBD murni disiapkan dengan jumlah yang besar,”  imbuhnya.

Sementara mengenai berapa target penerima beasiswa, Iman Hidayat menjelaskan pihaknya tidak bisa menentukan. Sebab tim verifikasi dan validasi masih akan menghitung penerima beasiswa disesuaikan dengan besaran uang kuliah tunggal (UKT/SPP) masing-masing calon penerima beasiswa. Iman  mengingatkan agar para pelajar dan mahasiswa lebih teliti dan jeli membaca petunjuk teknis (juknis) pendaftaran beasiswa Kaltim ini. Sebab banyak calon pendaftar gagal, akibat kurang cermat saat mengisi dan melengkapi form pendaftaran secara online. Pendaftaran dan seluruh juknis bisa diakses melalui website BP-BKT yakni,  www.beasiswa.kaltimprov.go.id. Beasiswa disiapkan dalam bentuk beasiswa stimulan dan tuntas.

“Pahami dulu juknisnya.  Jangan salah memilih kategori dan sesuaikan dengan kemampuan,” pesan Iman Hidayat. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts