Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DPRD SAMARINDA

Bapemperda DPRD Samarinda Disambangi Mahasiswa KPL UWGM Diskusi Terkait Legal Drafting

Kompak.id,Samarinda Mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Widyagama Mahakam Samarinda menemui wakil rakyat Samarinda dalam rangka Kuliah Praktek Lapangan (KPL) dengan tema legal drafting dan diterima Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Samarinda.

Acara berlangsung di Ruang Rapat Utama, Gedung DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Rabu (04/01/2023). Acara ini dipimpin langsung Wakil Ketua Bapemperda DPRD Samarinda, Laila Fatihah sekaligus sebagai pemateri legal drafting. 

Pembahasan dalam acara tersebut terkait materi legal drafting sekaligus tahapan penyusunan Rancangan Peraturan Daerah d Samarida dan Implementasinya.

Laila menjelaskan kepada mahasiswa UWGM Samarinda itu, bahwa legal drafting itu sebagai bentuk perancangan naskah hukum atau draf pembentukan suatu produk hukum yang akan dibahas oleh semua unsur yang terlibat.

Mahasiswa Fakultas Hukum UWGM saat bertandang ke Bapemperda DPRD Samarinda.

“Salah satu tugas pokok DPRD adalah legislasi yaitu membuat perturan-peraturan, kalau di DPRD biasanya membuat perturan daerah (Perda) yang dibahas bersama pemerintah daerah,” terangnya.

Perencangan atau konsep legal drafting juga berasal dari dunia akademis sebagai bentuk uji akademik dalam sebuah aturan yang dibahas.

BACA JUGA :  Reses Deni Hakim Temukan Banyak Keluhan

Laila menyebutkan, acara tersebut sebagai penambah wawasan mahasiswa dan mahasiswi UWGM di Fakultas hukum terkait legal drafting.

“Mudah-mudahan pertemuan ini dapat bermanfaat terkait diskusi dan penjelasan dari Bapemperda DPRD Samarinda kepada adik-adik mahasiswa,” ujarnya.

Hadir pula sejumlah anggota Bapemperda DPRD Samarinda yaitu Anhar, Angkasa Jaya Djoerani dan Damayanti. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts