Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA SERBA SERBI

Reza Fachlevi Hadiri Haul Akbar Al Qutb Habib Abu Bakar Assegaf Gresik

Ketua Komisi IV DPRD Kaltim H Akhmed Reza Fachlevi saat menghadiri haul ke-68 akbar Habib Abu Bakar Assegaf di Masjid Jami’ Gresik, Jalan KH Wachid Hasyim, Pekauman.

Kompak.id, Gresik – Guna mengenang Habib Abu Bakar Assegaf yang wafat pada Senin 17 Dzulhijah 1367 H atau 15 Juli 1957 dalam usia 91 tahun, digelarlah haul akbar Habib Abu Bakar Assegaf ke-68 di Masjid Jami’ Gresik, Jalan KH Wachid Hasyim, Pekauman. Haul berlangsung selama dua hari dari 16 sampai dengan 17 Dzulhijah 1444 H/5-6 Juli 2023.

Sudah dipastikan ribuan orang memadati alun-alun Gresik saat puncak Haul Habib Abu Bakar Assegaf. Mereka berkumpul setelah menggelar acara Maulid Nabi yang dilakukan di Kediaman Habib Abu Bakar Assegaf di Jalan KH Zubair. Dari ribuan jamaah itu, satu di antaranya merupakan anggota DPRD Kaltim, H Akhmed Reza Fachlevi bersama sejumlah rombongan dari Kaltim yang hadir dalam acara haul akbar tersebut. Jamaah haul memang berasal dari berbagai daerah datang di kota Gresik. Tidak sedikit yang bermalam di lokasi haul.

“Alhamdulillah, saya bersyukur dapat kesempatan hadir di acara haul akbar Habib Abu Bakar Assegaf ini. Semua tahu bahwa beliau merupakan salah satu aulia. Kita berharap mendapatkan kebaikan dan keberkahan dari haul ini,” kata pria yang akrab disapa Reza itu.

Menurutnya, kecintaan kepada ulama sudah seharusnya diberikan kepada umat muslim kepada mereka, baik yang sudah meninggal maupun yang masih hidup. Ulama sebagai penerus nabi dapat menjadi teladan, terutama yang sudah meninggal, perjalanan hidupnya memberikan pelajaran bagi yang masih hidup, seperti Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf putra dari Habib Muhammad bin Umar yang lahir di Besuki, Situbondo, Jawa Timur pada 6 Dzulhijah 1285 H atau 30 Maret 1869.

BACA JUGA :  Panti Asuhan Nur Fisabilillah Hasanah Samarinda Gunakan Sejumlah Metode Bentuk Karakter Anak

“Karena kedalaman ilmunya, keteladanannya dalam membimbing umat atau masyarakat, juga dakwahnya dalam mengajarkan Islam. Kedatangan jamaah haul ini karena itu. Selain bersilaturrahim kita juga berharap ada kebaikan-kebaikan yang kita peroleh,” kata Ketua Komisi IV yang dikenal dekat dengan kalangan habaib itu menambahkan.

Jamaah haul akbar ke-68 Habib Abu Bakar Assegaf Gresik.

Dalam acara yang diadakan setiap tahun itu, Pemerintah Kabupaten Gresik bersama Polres Gresik telah menyatakan memberikan dukungan penuh guna memastikan acara haul Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf yang ke-68 berjalan lancar.

“Kita juga sudah menyediakan dapur umum di area Pendopo dan Rumah Dinas, ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi gratis bagi jemaah. Tim kesehatan dan ambulans juga kita siapkan di lokasi. Kita juga sudah menyediakan videotron dan TV di sekitar area Alun-Alun dan Pendopo, agar jemaah bisa tetap mengikuti acara walaupun tidak bisa masuk di Masjid Jami’,” kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani kepada pewarta.

Bupati yang akrab disapa Gus Yani tersebut menambahkan, acara haul juga dihadiri jamaah dari dalam dan luar negeri.

“Selamat datang di Kabupaten Gresik, bersama-sama kita mengikuti rangkaian haul Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf. Semoga kita semua mendapat keberkahan,” imbuhnya. (*)

Related posts