Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL PERPUSDA KALTIM

Rakornas Kearsipan 2023 Digelar Bersamaan dengan Hari Kearsipan ke-52 di Banyuwangi

Perayaan Hari Kearsipan ke-52 sekaligus Pelaksanaan Rakornas Kearsipan di Banyuwangi, 22 hingga 23 Mei 2023.

Kompak.id, Banyuwangi – Semarak Hari Kearsipan ke-52 mewarnai Rapat Koordinasi Nasional Kearsipan Tahun 2023, pada Senin (22/5). Banyuwangi, Jawa Timur yang kali ini menjadi tuan rumah dalam penyelenggaran Rakornas. Tak luput, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim diwakili oleh Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin turut hadir dalam pertemuan yang digelar satu tahun sekali tersebut.

Berlangsung di Hotel El-Royal, Banyuwangi, agenda yang berlangsung pada 22 hingga 23 Mei tersebut dibuka langsung oleh Kepala Arsip Nasional RI, Imam Gunarto serta dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, serta Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Mengusung tema Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa, dan Peradaban Unggul, Rakornas yang berlangsung dua hari tersebut diharapkan membagikan energi baik dalam menyongsong 52 tahun kearsipan Indonesia yang menjembatani masa lalu, masa kini, dan masa depan dengan merawat sejarah melalui arsip.

“Hari ini, kita dalam kondisi darurat arsip dan darurat memori, bangsa kita terkenal dengan bangsa pelupa. Melalui arsip menjadi penyimpan memori tersebut. Gerakan kearsipan adalah peperangan sesungguhnya untuk mengembalikan sejarah kita,” ucap Imam Gunarto dalam sambutannya.

BACA JUGA :  Kadispusip Kutim Minta Pemdes Dukung Pembangunan Perpustakaan Desa

Dihadiri oleh 1000 peserta yang berasal dar 34 provinsi, Rakornas menjadi momentum refleksi dalam perwujudan reformasi birokrasi yang maju. Melalui tiga program utama Arsip Nasional RI, Tertib Arsip, Memori Kolektif Bangsa, dan Transformasi Digitalisasi Kearsipan.

“Program Tertib Arsip dan Transformasi Digitalisasi Kearsipan untuk mendorong reformasi birokrasi tematik dalam digitalisasi administrasi pemerintahan. Kemajuan kearsipan tidak hanya tanggung jawab arsiparis dan pemerintah tapi untuk semua pihak,” jelas Imam Gunarto.

Rakornas Kearsipan akan berlangsung hingga esok hari, di hari pertama pertemuan dibuka dengan penyerahan penghargaan kearsipan terhadap daerah yang menoreh prestasi kearsipan serta makan malam bersama dengan peserta, dilanjutkan pada kegiatan esok hari pemaparan materi kearsipan dan evaluasi penyelenggaran kearsipan 2022 serta perumusan rekomendasi kearsipan yang hendak disepakati. (ADV/DPK KALTIM)

Related posts