Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISKOMINFO KUKAR

Peringkat 4, Diskominfo Kukar Raih Penghargaan Pengelolaan Kearsipan dan Admin Srikandi Terbaik

Kompak.id, Tenggarong – Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara meraih peringkat 4 Penghargaan Pengelolaan Kearsipan Perangkat Daerah dan Admin Srikandi Trbaik. Penghargaan yang diberikan oleh Sekertaris Daerah Kutai Kartanegara, Sunggono, diterima oleh Sekertaris Diskominfo Kukar, Solihin dan Puji Lestari itu berlangsung di Taman Pintar Kabupaten Kutai Kartanegara di Kawasan Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Panji Tenggarong pada hari, Sabtu 20 Mei 2023.

Sunggono, dalam sambutannya menyampaikan  bahwa Pemkab Kukar melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah yang telah melakukan Penyerahan Arsip Statis, Pemindahan Arsip Inaktif Retensi di atas 10 Tahun dari Perangkat Daerah kepada Lembaga Kearsipan Daerah.
Disampaikannya bahwa penghargaan Diarpus Kukar kepada OPD tersebut berkaitan dengan Peringatan Hari Kearsipan ke- 52 Tahun 2023 yang bertema ”Gerakan Kearsipan Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa, dan Peradaban Unggul”, serta Peringatan HUT Perpustakaan ke 43 Tahun 2023 yang bertema “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Solusi Cerdas Pemulihan Ekonomi Masyarakat Pasca Pandemi Covid – 19.”
Sementara ketua pelaksana dalam laporan saat mengawali kegiatan ini, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar, Hj. Aji Yuli s.sos menyampaikan “Di dalam UU Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, ditegaskan bahwa Kearsipan merupakan Urusan Pemerintahan Wajib di daerah dan diselenggarakan melalui Penyelamatan Arsip Negara pada Pemerintah Daerah. Untuk itu arsip milik Negara dikelola dan diselamatkan sebagai bahan akuntabilitas kinerja, alat bukti yang sah, serta merupakan identitas dan jati diri sebagai memori kolektif bangsa.,” ujarnya.
Untuk diketahui dalam penyerahan anugerah ini, organisasi perangkat daerah terbaik dalam hal Pengelolaan Kearsipan Perangkat Daerah kategori Perangkat Daerah yang Melaksanakan Pemindahan Arsip in-aktif Sekurang-kurangnya 10 tahun, berturut-turut  Peringkat satu Badan Riset Daerah, Dinas Pemuda dan Olah raga, Dinas Kearsipan dan perpustakaan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perhubungan, Dinas perkebunan, BPKAD dan Kecamatan Sebulu.
Selanjutnya Kategori Perangkat Daerah yang Menyerahkan Arsip statisnya ke Lembaga Kearsipan Daerah, berturut-turut terbaik satu, Sekertariat Daerah, BKPSDM, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, BPKAD, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah.
Sementara lima admin OPD pengelola terbaik “Srikandi” system surat menyurat berbasis digital adalah Fedy Herlica (Sekretariat Daerah), Puji Lestari (Diskominfo),  Zulpinusar (Bappeda), Laila Jamilah (Diarpus) dan M. Hasmiana (Inspektorat Daerah). (ADV/DISKOMINFO KUKAR)
Facebook Comments Box
BACA JUGA :  2.085 Satuan Pendidikan di Kaltim Mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka

Related posts