Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISPORA KALTIM

Pemuda Harus Kreatif dan Melek Teknologi

Kompak.id, Samarinda – Seleksi Peserta Festival Kreatifitas Pemuda Indonesia Tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022 digelar Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Kamis (22/9/2022) di hotel Aston Samarinda.

Sebanyak 54 peserta dari 8 kategori masing-masing Musik, Kuliner, Grafika, Kriya, Fashion, Film, Teknologi Informasi Perangkat Keras, dan Teknologi Informasi Perangkat Lunak saling beardu kreatifitas untuk menjadi yang terbaik dan berhak menjadi wakil Kaltim di tingkat nasional.

“Bicara tentang Pemuda dan kreativitas tentu  kita akan bertanya bagaimana membangkitkan daya kreatifitas pemuda untuk memajukan bangsa. Kegiatan ini salah satunya, dengan adanya kegiatan ini, maka banyak pemuda di luar sana yang akan menjadikan role model siapapun yang menjadi peserta dan pemenang di sini,” ujar Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur ketika membuka kegiatan tersebut.

Artinya, pemuda akan berupaya untuk menjadi kreatif karena tersedianya wadah dalam bersama-sama memajukan negeri. Lebih lanjut, Agus menekankan agar pemuda saat ini harus melek teknologi.

“Siapapun yang menguasai teknologi maka akan mememenangi persaingan, dimulai dari artificial intelegent, dimensional dan robotik, bioteknologi, nano-teknologi, dan sistem jaringan komputasi,” tekannya.

BACA JUGA :  Majukan Sepak Bola Kaltim, Borneo FC Bersinergi dengan Pupuk Kaltim

Teknologi kini lanjutnya tak dapat dilepaskan dri berbagai bidang yang ada, dimana pembangunan dapat ditemui pada kemajuan teknologi di era industri 4.0.

“Pembangunan dan kreatifitas akan terus berkembang dan akan menjadi penentu bagi masa depan bangsa,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim Bahri melaporkan bahwa ajang ini merupakan wadah kreatifitas anak muda di Kalimantan Timur, dimana seleksi bermaksud mencari yang terbaik untuk mewakili Benua Etam di tingkat nasional yang akan berlangsung di Gorontalo, 6-10 Oktober 2022 mendatang.

“Untuk tahun ini sebanyak 8 Kabupaten dan Kota ikut serta, hanya Berau dan Mahulu yang absen tahun ini,”lapornya.

Setelah berlangsung seharian dan berdasarkan hasil penilaian atas penampilan kreatifitas peserta tim juri akhirnya memutuskan juara untuk setiap kategori.

Untuk kategori Musik diraih oleh Hermansyah dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Kuliner dimenangkan Hartu Cholifah (Samarinda), Grafika-Zain Al Majid (Samarinda), Kriya-Hanna Qurrota A’yun(Balikpapan), Fashion-Sherlita Ayu R (Samarinda), Film-Muhammad Mulyadi (Kutai Barat), Teknologi Informasi Perangkat Keras-M Farhan Ramadhan (Balikpapan), dan Teknologi Informasi Perangkat Lunak diraih oleh Jeremi Teti (Balikpapan). (ADV/DISPORA KALTIM)

Facebook Comments Box

Related posts