Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DISPORA KALTIM

Pemprov Kaltim Komitmen Bangun Kemandirian Pemuda

Seminar Wirausaha Muda Pemula di Ballroom Hotel Novotel, Senin (3/10/2022).

Kompak.id, Samarinda – Pemuda Kalimantan Timur harus bersyukur dengan “bonus” ditunjuknya Bumi Etam sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru, salahsatunya dengan meningkatkan kualitas diri salahsatunya di sektor wirausaha. Namun menyambut IKN, Gubernur menakankan agar Pemuda Kaltim menghilangkan rasa inferior.

“Hilangkan sikap inferior, bahwa kita yang tinggal di daerah pinggiran kalah bersaing dengan mereka yang berasal dari perkotaan. Hilangkan sikap itu kalau anda mau maju dan memenangi persaingan,” tegas Gubernur H Isran Noor dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kadispora Kaltim, Agus Tianur.
Banyak pemuda Kaltim lanjutnya merasa rendah diri dan tidak percaya diri termasuk dalam menghadapi IKN.

“Masih banyak pemuda yang bertanya, bagaimana kami nanti Pak menghadapi lulusan dari universitas dari luar Kalimantan. Ini rasa inferior, gak yakin dengan diri sendiri. Kalau sikap ini dipelihara maka anda sudah kalah sebelum bertanding,” tambahnya di hadapan 400 pemuda Balikpapan yang menghadiri Seminar Wirausaha Muda Pemula di Ballroom Hotel Novotel, Senin (3/10/2022).

Padahal dengan kemajuan informasi tekhnologi saat ini, persaingan kompetisi tersebut sudah tergerus, dan siapapun bisa mendapatkan dan melakukan apapun.

BACA JUGA :  SMKN 15 Samarinda Sediakan 460 Kuota Peserta Didik Baru

“Jangan penjarakan pikiranmu, sementara dunia sudah terbuka dengan luas. Nah, IKN saat ini dibangun dengan perencanaan, beda dengan DKI Jakarta yang dibentuk dengan seketika karena kondisi perjuangan saat itu, wajar kalau masyarakat Betawi kalah bersaing dengan pendatang. Jadi kalian siapkan diri, rencanakan dengan matang, Balikpapan adalah daerah penyanggah,” katanya.

Untuk itu, Gubernur akan terus berkomitmen membangun Pemuda Kaltim melalui program-program yang nyata dalam rangka mewujudkan kemandirian pemuda sebagaimana yang tertuang dalam visi misinya.
Balikpapan menjadi daerah ke-8 tempat pelaksanaan Seminar Wirausaha Muda Pemula yang direncanakan di 10 Kabupaten dan Kota di Kaltim dengan jumlah target peserta di tahun 2022 ini sebanyak 2.000 orang, sementara tahun 2023 mendatang sebanyak 10 ribu orang.

Tampak hadir Kadisporapar Balikpapan, dr Ratih Kusuma, kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman Rading, dengan pembicara Firman “Ivink” Syarifudin owner Graha Panncing, Syafrudin Pernyata owner wisata air dan salma shofa, serta Andi Noor Asikin dari Universitas Mulawarman. (ADV/DISPORA KALTIM)

Facebook Comments Box

Related posts