Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL DINAS PENDIDIKAN KALTIM PENDIDIKAN

Pekan Kebudayaan Daerah Ditutup Secara Meriah

Penutupan Pekan Kebudayaan Daerah 2022

Kompak.id, Balikpapan – Pekan Kebudayaan Daerah menjadi wadah untuk memfasilitasi ruang ekspresi keberagaman budaya guna memperkuat ketahanan budaya. Tema yang diusung pada Pekan Kebudayaan Daerah kali ini yaitu “Dalam rangka menyongsong Ibu Kota Negara, Perkuat Jati Diri Bangsa melalui Keragaman Kebudayaan”, Jumat (3/6/2022).

Malam Puncak Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Kalimantan Timur tahun 2022 berlangsung meriah dan terbuka untuk umum dengan dihadiri Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Muhammad Kurniawan, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Walikota Balikpapan, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Kepala Badang Kantor Penghubung, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Wilayah Kalimantan dan Kepala Dinas Kabupaten/Kota yang membidangi Kebudayaan se Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim Anwar Sanusi, M.Pd dalam laporannya menuturkan dalam acara Pekan Kebudayaan Daerah tahun 2022 selain didukung oleh seniman juga beberapa unsur pegiat budaya antara lain, Komunitas Pokant Takaq, Perupa Kalimantan Timur, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Rumah Dahor, Museum Negeri Mulawarman dan 8 Dinas Kebupaten/Kota yang membidangi kebudayaan.

BACA JUGA :  Raperda Pedoman Tata Kearsipan di Lingkungan Pemerintah Daerah Menjadi Perda

Selain pameran lukisan, PKD Kalimantan Timur diisi beberapa kegiatan yaitu Workshop Seni Lukis dengan sasaran Guru Seni Rupa SMA dan SMK se Kalimantan Timur juga diselenggarakan lomba-lomba seni seperti Lomba Lukis Kelompok, Fotografi dan Film Pendek, dan Lomba Permainan Rakyat seperti Egrang, Ketapel, Sumpit dan Gasing.

Dalam sambutan sekaligus menutup acara Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Prov. Kaltim Muhammad Kurniawan menyambut baik event yang diadakan Disdikbud Prov. Kaltim dan mengharapkan agar masyarakat lebih mengenal budayanya dan Pekan Kebudayaan Daerah menjadi ajang memelihara toleransi, keberagaman seni dan budaya.

“Saya harap melalui Pekan Kebudayaan Daerah masyarakat dapat lebih mengenal budayanya dan memelihara toleransi serta keberagaman seni budaya di Kalimantan Timur,” pungkas Kurniawan. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts