Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DISPORA KALTIM

Kukar Raih Juara Umum Cabor Silat Pada Popda XVI Kaltim

Kompak.id, Paser – Salah satu cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-XVI Kaltim yang di laksanakan di Kabupaten Paser, yaitu pencak silat telah usai terlaksana.

Juara umum pada perhelatan yang dimulai sejak 23 hingga 26 Oktober 2022 tersebut diraih oleh Kutai Kartanegara dengan perolehan 9 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Paser Basri Mansyur mengucapkan selamat kepada kontingen Kutai Kartanegara yang menduduki juara pertama pada ajang bergengsi antar kabupaten yang dilaksanakan dua tahun sekali itu.

“Selamat untuk para atlet yang berhasil memangkan pertandingan ini,” ucap Basri, Rabu (26/10/2022).

Lanjutnya, ia juga memberikan semangat terhadap atlet yang belum berkesampatan mendapatkan juara. Terkhusus bagi atlet Paser sebagai tuan rumah hanya bisa menduduki peringkat enam.

Kendati demikian, Basri tetap merasa bangga atas perolehan atlet binaannya. Hasil ini juga menjadi tolak ukur IPSI Paser untuk lebih giat lagi dalam melakukan peningkatan SDM, baik wasit, pelatih, maupun atlet.

BACA JUGA :  Sukses Digelar, Ini Para Juara Catur Popda Ke-XVI Kaltim di Kabupaten Paser

“IPSI Paser ada peningkatan. Walaupun begitu, kami terus berupaya untuk menjadi yang terbaik. Hasil ini juga menjadi tolak ukur kami untuk kedepannya,” kata Basri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Muksin menyampaikan ucapan terima kasih terhadap semua pihak yang turut serta dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Terima kasih atas bantuan dan partisipasi dari semua pihak yang mendukung even ini. Saya juga meminta maaf bila ada kekurangan dalam pelaksanaan Popda ini,” ujarnya.

Mengingat, begitu banyak kekurangan, baik dari sarana prasarana, venue, penginapan, konsumsi, pelayanan, dan masih banyak lagi.

Sekadar informasi, berikut daftar raihan medali emas, perak, dan perunggu dari 9 kabupaten atau kota.

  1. Kutai Kartanegara, 9 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.
  2. Samarinda, 7 emas, 6 perak, dan 7 perunggu.
  3. Bontang, 2 emas, 4 perak, dan 4 perunggu.
  4. Balikpapan, 2 emas, 3 perak, dan 6 perunggu.
  5. Kutai Timur, 2 emas, 1 perak, dan 7 perunggu.
  6. Paser, 1 emas, 4 perak, dan 6 perunggu.
  7. Ppu, 2 perak dan 4 perunggu.
  8. Kutai Barat, 2 perak dan 1 perunggu.
  9. Berau, 1 perunggu.
Facebook Comments Box

Related posts