Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
DISKOMINFO SAMARINDA

Andi Harun Minta RKPD Disesuaikan dengan Kemampuan Keuangan Daerah

Kompak.id, Samarinda – Wali Kota Samarinda Andi Harun meminta penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Hal tersebut disampaikan Andi Harun saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Samarinda tahun 2023 di Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Selasa (14/3/2023).

Dikatakan Andi Harun, Musrenbang adalah forum pertemuan antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

“Tujuannya untuk membahas rancangan rencana kerja Pemerintah Daerah menjadi rancangan akhir dokumen rencana kerja Pemerintah Daerah,” ujar Andi Harun.

Andi Harun juga menyampaikan beberapa point penting untuk mendukung pelaksanaan Musrenbang ini. Pertama ia meminta pelaksanaan Musrenbang sebagai suatu forum untuk melakukan proses penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat terhadap pembangunan,” pintanya.

Selanjutnya, dalam Musrenbang ini agar diarahkan untuk dapat melakukan pengerucutan terhadap berbagai usulan yang telah dijaring dari proses Rembug warga, Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan serta dari hasil telaahan pokok-pokok pikiran RKPD yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dengan tetap mengacu pada tema RKPD Tahun 2024 yang merupakan rangkaian tahapan tahun ke tiga masa jabatan Wali Kota untuk mendukung pencapaian visi dan misi Kota Samarinda tahun 2021-2026.

BACA JUGA :  Wali Kota Harap dengan Sinergitas Mampu Tekan Peredaran Narkotika

Andi Harun mengingatkan hal penting lainnya, dokumen perencanaan RKPD memiliki kedudukan sebagai dokumen legal dan memiliki konsekuensi hukum bila terjadi penyimpangan. Karenanya ia meminta penyusunan program, kegiatan, dan sub kegiatan APBD Tahun 2024 tidak terjadi penyimpangan dari program, kegiatan, dan sub kegiatan yang telah tertuang dalam RKPD.

Andi Harun berharap Musrenbang ini dapat menghasilkan program-program yang dapat memberikan manfaat terbaik bagi kemajuan kota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Samarinda.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Kota Samarinda Ananta Fathurrazi menjelaskan tentang prioritas pembangunan RKPD tahun 2024. Adapun prioritas tersebut terdapat 6 prioritas, yakni, Peningkatan kota yang nyaman dan berkualitas, Pengendalian laju inflasi untuk pertumbuhan sektor perekonomian, Pengintegrasian sarana prasarana sumber daya air, Peningkatan aksesibilitas inter dan antar wilayah kota, Peningkatan akses dan antar wilayah kota, Peningkatan akses dan kualitas sektor pendidikan dan kesehatan dan Digitalisasi pelayanan prima bagi masyarakat yang akuntabel. (Adv)

Facebook Comments Box

Related posts