Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA NASIONAL POLITIK

Rudy Mas’ud Dapat Gelar “Amai” dan “Uwek” Dari Masyarakat Adat Desa Pampang

Kompak.id, Samarinda – Calon Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Rudy Mas’ud dinobatkan menjadi warga kehormatan masyarakat adat Dayak dengan gelaran “Amai” dan “Uwek”, prosesi tersebut terjadi di Lamin Adat Pampang, Desa Pampang Kecamatan Samarinda Utara, Jumat (18/10/24).

Langsung diberikan oleh tokoh adat setempat, Rudy mengaku bersyukur dan tersanjung atas gelar “Amai” dan “Uwek” yang disematkan sekaligus mengukuhkan dirinya sebagai bagian dari keluarga besar Dayak.

“Kami merasa bangga dan sangat tersanjung diangkat menjadi bagian dari keluarga besar adat Dayak,” ucapnya.

Pertunjukan tari tradisional Dayak mewarnai prosesi penobatan yang berjalan khidmat itu, Tari Sekar Mandau yang memperlihatkan atraksi menyayat badan penari menjadi salah satu sajian yang cukup membuat mata terbelalak.

“Tari ini melambangkan filosofi hidup masyarakat Dayak, yaitu selalu mencari kawan, namun tidak gentar menghadapi lawan,” ujar Rudy.

Penyematan kalung Uleng, Topi Beluko, Baju Sapai dan Mandau Tulang oleh tokoh adat Desa Pampang, menandai resminya Politisi Partai Golkar itu mendapatkan Gelar “Amai dan “Uwek miliknya.

Warga adat setempat menjelaskan Topi beluko melambangkan perlindungan dari hal-hal buruk, mandau tulang melambangkan hubungan erat antara masyarakat dan pemerintah, sementara baju sapai dan kalung uleng menjadi simbol perlindungan dan ikatan persatuan.

BACA JUGA :  Menuju Swasembada Protein, Budisatrio Buka Bimtek di Tenggarong

Warga adat itu menyebut, “Amai” berarti anak sedangkan “Uwek” berarti orang tua, Masyarakat ingin Rudy Mas’ud menjadi orang tua sekaligus juga sebagai anak agar selalu dekat dan akrab bersama suku Dayak layaknya Orang tua dan anak.

“Tidak ada hal-hal yang bisa memisahkan kita apabila ia sebagai Bapak Iya juga selalu mengingat anaknya Jika dia selaku anak dia juga selalu mengingat bapaknya,” jelasnya.

Panglima Besar Laskar Mandau, Rudolf, turut memberikan dukungannya kepada Rudy Mas’ud, menyebutnya sebagai tokoh muda yang cerdas dan pantas memimpin Kalimantan Timur.

“Rudy Mas’ud adalah sosok yang berkualitas, dan saya yakin ia mampu memimpin Kalimantan Timur menuju kemajuan,” ujar Rudolf.

Diakhir Rudy memberikan Komitmen bila terpilih nantinya Ia akan berusaha maksimal membantu promosi wisata Pampang agar lebih terkenal lagi baik secara nasional maupun internasional. (Ain)

Related posts