Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA DISKOMINFO SAMARINDA

Adakan Pagelaran Wayang Kulit saat Tradisi Bersih Desa, Masyarakat Simpang Pasir mendapatkan Apresiasi

Kompak.Id, Samarinda – Pagelaran Wayang Kulit yang digelar pada Puncak acara tradisi Bersih Desa di Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Samarinda dihadiri oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun pada Minggu (8/9/2024).

Dipimpin oleh Ki Dalang Budi Asmoro, seorang dalang ternama asal Sragen Jawa Tengah, Pagelaran Wayang Kulit mampu memukau para penonton dengan keterampilan narasi dan penguasaan karakter wayang sangat mendalam sehingga penonton terbawa suasana yang penuh nilai filosofis dan ajaran moral.

“Saya mengapresiasi dengan sangat terhadap masyarakat Simpang Pasir atas upayanya dalam menjaga dan melestarikan tradisi leluhur. Kegiatan seperti ini tentu memiliki nilai yang jauh lebih dalam daripada sekedar hiburan semata,” ungkap Andi Harun dalam sambutannya.

Menurutnya, kegiatan seperti Pagelaran Wayang Kulit tidak hanya sekedar tontonan, tetapi juga ada pelajaran hidup. Tentu seperti nilai-nilai budaya, persatuan serta gotong royong yang menjadi fondasi kuat bangsa Indonesia.

Ia juga menekankan pentingnya bagi generasi muda untuk terus menghargai dan melestarikan budaya lokal agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman dan peninggalan-peninggalan dari leluhur akan tetap eksis.

BACA JUGA :  Lapenkop Kaltim Laksanakan Pelatihan Penyusunan Dokumen ART/PerSus/SOP Perkoperasian

“Tradisi leluhur wajib untuk diwariskan kepada generasi muda. Budaya seperti ini kan identitas kita, jadi penting pagelaran seperti ini untuk mengingatkan kita akan pentingnya akar budaya kita,” pungkasnya. (Nsa)

Related posts