Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL BERITA UTAMA KPU Kaltim

KPU Kaltim Gelar Nobar “Tepatilah janji”, Datangkan Penulis Skenario dan Pemain Terlibat

Kompak.id, Samarinda – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) adakan Nonton bareng film ‘Tepatilah Janji‘ untuk memberikan edukasi tentang proses pemilihan calon kepala daerah menjelang Pilkada 2024 kepada masyarakat di Bioskop XXI Samarinda Square Jalan M Yamin Samarinda, Senin (2/9/2024) malam.

Gelaran Nobar sukses diadakan, tak tanggung-tanggung KPU Kaltim mendatangkan langsung penulis skenario film, Alim Sudio, dan juga para pemain yang terlibat diantaranya Bima Zeno, Kevin Abani, dan Udik untuk bersama menyimak film tersebut.

Film ini merupakan hasil kolaborasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Asta Jaya Centra Cinema, dan Padi Creative dan dibintangi oleh Ibnu Jamil, Cut Mini, Shenina Cinnamon, Bima Zeno, Kevin Abani, Faradina Mufti, Givina Lukita, Siti Fauziah, serta Trio Timus, dan merupakan garapan sutradara Garin Nugroho, yang merupakan kelanjutan dari film ‘Kejarlah Janji’ yang dirilis September 2023 kemarin.

Alim Sudio mengaku, film tersebut tidak hanya membahas sejumlah isu Pilkada saja, melainkan gambaran isu keluarga yang menjadikan film tersebut juga sebagai sarana edukasi bagi KPU, untuk menyampaikan sejumlah pesan tentang proses pemilihan yang baik kepada masyarakat.

“Film ini bisa membuat KPU lebih bersemangat dalam menyelenggarakan kegiatan Pilkada,” ujar Alim Sudio.
Ia berujar pembuatan film ‘Tepatilah Janji‘ memakan waktu pengerjaan lebih cepat yakni 4 bulan dibandingkan pembuatan film ‘Kejarlah Janji’ yang memakan waktu 6 bulan.

“Karena template-nya sudah ada tinggal penajaman isu, sampai syuting selesai sekitar 4 bulan. kalau syutingnya sendiri 11 hari,” terang Alim Sudio.

BACA JUGA :  78 Persen Warga Desa Lung Anai Nikmati Layanan Air Bersih

Sementara, Komisioner KPU RI August Mellaz yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pemutaran film ini menjadi bagian dari upaya KPU untuk mengajak masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya, dan memperkenalkan proses pemilihan kepala daerah kepada para pemilih pemula.

“Kami tidak pernah membayangkan bahwa film yang diproduksi oleh lembaga seperti KPU bisa merangkul berbagai elemen masyarakat, dan menyampaikan pesan yang kuat tentang komitmen kepemimpinan dan pentingnya memenuhi janji kepada masyarakat. Flm ini juga berhasil diputar di beberapa daerah di Indonesia, di antaranya Sumatera Utara, Malang, NTT, hingga Bali,” ucapnya.

Untuk diketahui bersama, film ‘tepatilah Janji’ berkisah tentang kehidupan keluarga Ibu Pertiwi (Cut Mini), yang memiliki tiga anak. Ketika putra tertuanya, Adam (Bima Zeno), mencalonkan diri menjadi Bupati, politik pun mulai merambah ke dalam kehidupan keluarga ini.

Kondisi ini menimbulkan berbagai reaksi dari anggota keluarga, terutama dari istri Adam, Tari (Faradina Mufti), serta kedua adik Adam, Isham (Kevin Abani) dan Sekar (Shenina Cinnamon). Konflik bertambah rumit dengan adanya euforia warga desa, calo politik, serta isu politik dinasti yang merebak di desa tersebut.

Turut hadir dalam acara nobar kali ini yakni, Ketua KPU Kaltim, Fahmi Idris, dan 3 komisioner KPU kaltim lainnya yakni, Abdul Rasyid Qoyim, Ifa Rosita, dam Suardi, selain itu hadir pula Ketua KPU Samarinda, Firman Hidayat, dan komisioner Bidang Parmas, Yustiani. (Nsa)

Related posts