Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
ADVERTORIAL PERPUSDA KALTIM

DPK Kaltim Gelar Sosialisasi SNP di Mahakam Ulu

Kompak.id, Ujoh Bilang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim melalui Bidang P3KM melakukan sosialisasi implementasi Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dan Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah di Kabupaten Mahakam Ulu dalam upaya Memastikan seluruh daerah memperoleh akses membaca yang mudah, Rabu (9/8/2023).

Berlangsung di Kantor Camat Ujoh Bilang, DPK Kaltim bekerjasama dengan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Mahulu dengan latar belakang peserta yang menangani langsung Bidang Perpustakaan dan Arsip. Pembinaan diikuti oleh 27 peserta berasal dari pengelola Perpustakaan tingkat sekolah mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, staf dari Bagian Kesra hingga kantor Kecamatan.

Pustakawan Ahli Madya DPK Kaltim, Marthen Rumana menjadi pemateri dalam sosialisasi tersebut. Sosialisasi SNP mengupas tuntas mengenai dasar standar pengelolaan perpustakaan yang berlandasakan Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007. Di antaranya standar koleksi buku, standar sarana dan prasarana, standar tenaga perpustakaan, standar pelayanan, standar penyelanggaran dan pengelolaan perpustakaan.

Mahulu turut menjadi daerah prioritas dalam upaya pengembangan serta peningkatan literasi di Kalimantan Timur. Kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin berharap pembinaan SNP dapat menjadi gerbang pembuka akses membaca buku di Mahulu semakin disadari dan menjadi prioritas kabupaten.

BACA JUGA :  Disdikbud Kaltim Kembali Gelar O2SN Tingkat SD 

“Kita senang, dimulai dari tingkat terkecil seperti perpustakaan sekolah saja hal tersebut dapat menjadi penggerak untuk pembentukan perpustakaan tingkat kabupaten. Apabila perpustakaan sekolah sudah terkelola sesuai standar, hal tersebut dapat membuat masyarakat nyaman dan mudah,” ucap pria yang akrab disapa Ivan tersebut.

Sebelumnya sosialiasi SNP telah diselenggarakan di daerah-daerah lainnya, seperti Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Kukar, Kabupaten Kutim, dan Kabupaten Berau. (Adv/Ain/DPK Kaltim)

Related posts