Kompak.id, Samarinda – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand IM3 memperkuat jaringan di Kota Samarinda sebagai bagian dari komitmen menghadirkan konektivitas andal di kawasan timur Indonesia. Langkah ini menegaskan posisi ibu kota Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut sebagai pusat ekonomi dan digitalisasi, dengan lebih dari 17 ribu UMKM yang kini memanfaatkan layanan berbasis digital di berbagai sektor.
EVP Head of Circle Kalisumapa Indosat Ooredoo Hutchison, Swandi Tjia, mengatakan Kota Samarinda yang berada di jalur strategis perdagangan Sungai Mahakam telah berkembang pesat sebagai pusat logistik, pemerintahan, hingga aktivitas masyarakat yang semakin terkoneksi. Kondisi itu mendorong IM3 untuk memperluas jaringan agar menjangkau seluruh kebutuhan akses masyarakat Kota Tepian.
“Tahun ini kita sudah mencapai 100% untuk tingkat pelayanan di Kota Samarinda dengan dukungan 223 menara BTS di 10 Kelurahan,” ungkapnya, Selasa (30/9/2025).
Lebih lanjut Swandi menyebut kehadiran jaringan yang kuat dan stabil di Kota Samarinda menjadi fondasi penting bagi masyarakat, khususnya UMKM, mahasiswa, dan pekerja.
Ia berujar, melalui kampanye Sinyal Kuat & Aman IM3 Hadir Kuatkan Etam Samarinda, pihaknya ingin terus mendampingi masyarakat dalam mengoptimalkan potensi lokal melalui platform digital, khususnya bersama IM3.
Swandi menambahkan, upaya tersebut juga diperkuat dengan hadirnya fitur perlindungan digital berbasis AI, IM3 SATSPAM (Satuan Anti Scam dan Spam). Teknologi ini bekerja otomatis menyaring serta memberi peringatan real-time terhadap potensi penipuan melalui telepon maupun SMS.
“IM3 berkomitmen memperluas jaringan yang kuat, stabil dan aman di Samarinda sebagai fondasi konektivitas andal bagi semua lapisan masyarakat,” jelasnya.
Senada, Vice President Head of Technology IOH Kalisumapa, Deny Houstin Wahid, menegaskan fitur SATSPAM merupakan bagian dari penerapan AIvolusi5G yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan jaringan 5G Indosat.
“Kami memastikan pelanggan bisa terhubung dengan aman tanpa gangguan, sejalan dengan misi IM3 menghadirkan pengalaman digital yang bermanfaat,” terangnya.
Deny menjelaskan Transformasi jaringan ini sejalan dengan identitas baru IM3, Simpel itu IM3, yang ingin tampil lebih inklusif dan relevan untuk seluruh segmen pelanggan. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah Kartu Perdana IM3 Baru. Dengan harga Rp35.000, pelanggan mendapatkan kuota utama 3 GB berlaku 30 hari serta 5.000 menit nelpon ke sesama IM3 selama 24 jam.
Selain itu, Deny menyebut beragam paket lain juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan internetan masyarakat. Kartu perdana dan paket IM3 bisa diperoleh di outlet terdekat, Gerai IM3, IM3 Official WhatsApp, aplikasi myIM3, official store IM3 di e-commerce, maupun di situs im3.id/shop.
“Kami berharap semua ini mampu mendorong percepatan adopsi teknologi di Samarinda sekaligus memperkuat ekosistem ekonomi lokal yang kian bergantung pada konektivitas digital,” tutupnya. (HBE)