Kompak.id | Komunikatif, Profesional & Kredibel
BERITA UTAMA

Balikpapan Siap Tuan Rumah Pre Summit III Youth 20

Dianggap terbaik kelola lingkungan hidup, Balikpapan siap jadi tuan rumah event dunia.

SAMARINDA – Rangkaian Group Twenty (G20) Pre-Summit III Youth 20 Indonesia Presidensi akan berlangsung di Kota Balikpapan 21-22 Mei 2022. Event ini diikuti 100 tamu dan undangan, termasuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Kota Balikpapan akan melaksanakan Pre-Summit III Youth 20 Indonesia Presidensi yang merupakan rangkaian ke III setelah presidensi ke II dilaksanakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Dipilihnya Kota Balikpapan sebagai tuan rumah Pre Summit III Y20 dikarenakan Balikpapan merupakan salah satu kota terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup. Apalagi dalam pertemuan ini isu yang diangkat bertemakan “Sustainable and Livable Planet atau Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni”.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus Tianur menjelaskan kegiatan Pre-Summit III Y20 akan diikuti pemuda dari beberapa negara seperti Korea Selatan  dan Jepang. Selain diikuti perwakilan pemuda, juga akan dilaksanakan secara virtual sehingga akan dapat diikuti oleh pemuda-pemuda dari beberapa belahan dunia lainnya.

“Selain itu, peserta juga diikuti dari dua provinsi dengan beberapa kabupaten/kota. Ada peserta dari Kaltim dan Kalsel. Untuk rekan-rekan wartawan  juga nanti bisa mengikuti pre summit ini melalui zoom meeting,” jelas Agus Tianur dalam Konferensi Pers kegiatan Pre Summit III Y20 bertempat di ruang aula Dispora Kaltim, Komplek Stadion Madya Kadrie Oening, Sempaja, pada Sabtu (14/5/2022).

Agus menegaskan kegiatan ini adalah keinginan Gubernur Kaltim Isran Noor yang berharap kegiatan Pre-Summit III Y20 diadakan di Kaltim. Sehingga kesuksesan kegiatan ini tidak saja membanggakan bagi pemprov Kaltim, tetapi seluruh masyarakat Kaltim.

BACA JUGA :  Lapenkop Kaltim Laksanakan Pelatihan Penyusunan Dokumen ART/PerSus/SOP Perkoperasian

“Kita berharap pre Summit III  Y20 Kota Balikpapan ini akan sukses sama seperti pre Summit satu di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan pre Summit II di Palembang, Sumatera Selatan. Apalagi hasil dari kegiatan pre Summit Y20 Balikpapan ini akan dibawa ke pertemuan kepala negara G20 di Bali,” ujar Agus.

Sementara itu, Local Chapter, Aie Natasha menjelaskan dalam pre summit III ini nantinya akan membahas tentang ekonomi sirkular, yaitu ekonomi yang tidak saja menghasilkan barang, dikonsumsi lalu dibuang menjadi limbah melainkan ekonomi yang memanfaatkan limbah agar dapat didaur ulang kembali dan mengurangi sampah di bumi.

“Dipilihnya Kalimantan, khususnya Kaltim menjadi tempat pelaksanaan Pre-Summit III Y20 karena alasan hutan tropis Kalimantan yang masih terjaga. Tidak saja mengungkap keunggulan hutan yang dimiliki tetapi nantinya para pemuda juga membahas isu-isu lingkungan hidup yang muncul di masyarakat,” jelas  Aie.

Aie menjelaskan total  jumlah peserta kegiatan Pre-Summit III Y20 saat ini sebanyak 165 peserta. Dari Kalsel terdiri dari peserta dari Banjarmasin 4 orang, Balangan 1 orang, Banjar Baru 1 orang. Dari Kaltim jumlah peserta datang dari Balikpapan 25 orang, Kukar 4, Penajam Paser Utara 1 orang, Bontang 9, Kutai Timur 3 dan Samarinda 24 orang.(*)

Facebook Comments Box

Related posts